Minggu, 29 April 2012

Java fundamental

1. Variabel
Variabel merupakan lokasi penyimpanan yang ada di memory. setiap variabel dapat memiliki kemampuan untuk menyimpan suatu informasi sesuai dengan tipe data yang dideklarasikan untuk variabel tersebut saja.

2. Tipe Data
tipe data merpakan suatu media yang digunakan compiler agar mengetahui operasi yang valid dan pengalokasian memori yang diperlukan oleh sebuah nilai yang akan di simpan atau di operasikan. tipe data dapat dibagi menjadi2.
A. Tipe data Primitif
Tipe data dasar yang dikenal oleh Java. terdapat 7 tipedata primitif(short,int,long,float,double,char,boolean)
B. Tipe Data Referensi
Tipe data yang digunakan untuk mereferensikan suatu object instance dari class. tipe data referensi dideklarasikan hampir sama dengan tipe data primitif

3.Identifier
identifier merupakan nama yang digunakan untuk menamai class, identifier, dan method.

4. abstraksi
abstraksi dalam java merupakan penyembunyian proses, pada dasarnya adalah terdapat method didalam kelas yang bersifat abstrak dimana method yang bersifat abstrak tidak memiliki implementasi, bila didalam kelas terdapat method yang bersifat abstrak maka kelas tersebut juga harus bersifat abstrak, untuk melakukan implementasi pada method yang bersifat abstrak adalah dengan membuat kelas turunannya kemudian melakukan override pada method tersebut.

5.Enkapsulasi
Enkasulasi merupakan suatu mekanisme untuk menyembunyikan atau memproteksi suatu proses dari kemungkinan interfensi atau penyalahgunaan dari suatu sistem sekaligus menyederhanakan penggunaan dari luar system itu sendiri. akses ke internal system diatur sedemikian rupa melalui seperangkat interface.

Tidak ada komentar: