Senin, 02 Mei 2011

Cara Membuat Game Mobile dengan Netbeans

Seiring dengan perkembangan teknologi kini semakin banyak media-media entertaiment yang diciptakan guna menghibur masyarakat. mulai dari gamewatch, sega, nitendo hingga Ps3 kini telah ramai di pasar bebas. namun tidak semua masyarakat dapat memiliki benda-benda tersebut dikarenakan biaya yang harus di keluarkan cukup mahal. namun itu semua telah terpecahkan karena semakin maraknya dunia telekomunikasi yang menawarkan sebuah interface berupa handphone dengan harga yang bersaing, multifungsi, serta bentuk yang fleksibel yang dapat dibawa kemana-mana yang kini lebih akrab digunakan oleh masyarakat pada umumnya. oleh karena itu banyak vendor game yang membidik mobile game sebagai nilai jual yang cukup tinggi karena interface yang sudah dimiliki oleh masyarakat pada umumnya..
Untuk itu disini saya mencoba untuk berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat game handphone dengan menggunakan Netbean. adapun software yang digunakan penulis untuk membuat game mobile dengan sepesifikasi yang harus di install adalah : JDK (Java Development Kit), JWTK (Java Weirless Tool Kit), Netbean. untuk JDK anda dapat mendownloadnya di Java.com. dan bahasa yang digunakan adalah java biasanya pemrograman game mobile ini di kenal dengan nama J2ME.

sebelum memulai pemrograman kita harus mengerti bagaimana prinsip kerja J2ME.

berikut adalah gambaran kerja Game yang akan kita buat:

1. Class MIDlet: Midlet adalah sebuah kelas yang pertama kali penulis buat dalam membangun sebuah game, karena midlet adalah kelas utama atau yang sering dikenal dengan main class yang digunakan untuk memanggil kelas-kelas lainnya.

2. Class splash: splash adalah sebuah tampilan pembuka dalam sebuah game mobile. splash ditampilkan sesaat dengan durasi waktu yang sangat singkat. biasanya splash digunakan untuk menampilkan informasi vendor pembuat game atau kata-kata selamat datang.

3. Class Menu : pada kelas ini penulis gunakan sebagai media optional yang didalamnya terdapat informasi, configurasi, serta cara keluardari game pada kelas ini sepenuhnya opsi harus ditentukan oleh user/pengguna. kelas ini akan muncul setelah splash screen selesai dan untuk memunculkannya penulis melakukan configurasi pada main class

4. Class Counter: adalah sebuah kelas yang digunakan untuk melakukan suatu perhitungan yang terprogram. biasanya kelas ini digunakan untuk countdown.

5. Class Game design: kelas ini adalah sebuah kelas yang terdapat pada netbean guna mempermudah kita dalam memanipulasi tampilan grafis yang akan digunakan dalam sebuah game mobile. pada kelas ini semua source grafis dapat dipanggil yang nantinya di panggil melalui class engine

6. class engine: kelas ini adalah kelas dimana penulis membuat rule atau ketentuan game yang di tuangkan dalam bahasa pemrograman java. pada kelas ini juga akan memanggil source-source grafis yang sebelumnya telah di buat pada kelas game design. pada kelas ini juga sebagai perantara antara perintah yang terprogram dengan gerakan player pada layar. sehingga kelas ini adalah kelas yang menunjang permainan dapat berjalan atau tidak.


untuk itu kita lanngsung saja masuk kedalam pembelajaran membuat game.
hal yang pertama yang penulis lakukan adalah mengumpulkan gambar-gambar yang nantinya akan di gunakan dalam game. setelah itu buat sebuah package yang akan menampung gambar-gambar dan kelas.stelah itu pada paket gambar letekan semua gambar kedalam paket tersebut sehingga menjadi seperti berikut
setelah gambar dimasukan kepaket gambar selanjutnya kita membuat kelas midlet untuk menampilkan splash screen atau tampilan awal.  langkah-langkahnya adalah dengan membuat class midlet terlebih dahulu.
berikut adalah program yang terdapat pada class midlet untuk menampilkan splash

MIDlet
import java.util.Timer;
import java.util.TimerTask;
import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.midlet.*;

/**
 * @author prastya ramadhan
 */
public class Midlet extends MIDlet {
    public Display d; // pendeklarasian Variabel
    private  splash sp;
    public Timer t;

    public void startApp() {// method  start app
        d = Display.getDisplay(this);
        t = new Timer();
        d.setCurrent(new splash());
        t.schedule(new TimerTask(){

        public void run(){
        d.setCurrent(sp);//memanggil class splash
        }
        }, 2000);
    }

    public void pauseApp() {
    }

    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
}

setelah kelas MIDlet di compile biasanya terdapat warning dimana kita diminta untuk membuat kelas splash. klik pada warning tersebut lalu buat kelas splash(warning biasanya terletak pada baris line sebelah kiri)

splash
import java.io.IOException;
import javax.microedition.lcdui.Canvas;
import javax.microedition.lcdui.Graphics;
import javax.microedition.lcdui.Image;

/**
 *
 * @author prastya ramadhan
 */
class splash extends Canvas {

    private Image splash;// deklarasi variabel

    public splash() {//constructtor
        try {
            splash = Image.createImage("/images/backjamur3.png");// ini adalah perintah untuk memanggil  gambar yg terdapat di dalam package images dengan nama file backjamur3.png
        } catch (IOException ex) {
            ex.printStackTrace();
        }
    }


    protected void paint(Graphics g) {
        g.drawImage(splash, 0, 0, 0);// perintah  untuk menampilkan gambar yang telah dipanggil
        }

}

lalu compile project tersebut setelah tidak ditemukan error maka langsung di run sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
to be continue.,.,.

3 komentar:

250402 mengatakan...

mantap ni bang,
terusan mpe kelar nya dimana?
Skalian mnta gambar2 nya donk,
buat belajar..

Ramadhan Prastya mengatakan...

sebenarnya sudah selesai tp blum ad kesempatan untuk menulis artikle lgy mas cause lgy fokus skripsi dulu.... hii

miszz kirana mengatakan...

ble tah bg skit penerang ntk bt game mengunakan netbean ntk java game yg simple..contoh macam game minesweeper.